DAERAHLebong

DP3AP2KB Lebong Gelar Rakor Persiapan Evaluasi Kabupaten Layak Anak (Kla) 2022

WhatsApp Image 2022-03-04 at 20.11.28

DERING24.COM  LEBONG –  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Lebong, Jumat (04/3/22) menggelar rapat koordinasi persiapan evaluasi kabupaten layak anak (KLA) tahun 2022. Bertempat di Aula Swarang Patang Stumang Bappeda Kabupaten Lebong.

Acara dibuka langsung Bupati Lebong Kopli Ansori, sekaligus menyampaikan sambutan, bupati sangat sesali terhadap beberapa jajaran OPD di lingkup Lebong yang tidak hadir dalam rapat tersebut. Padahal sudah disampaikan undangan secara resmi.

Ditemui usai menghadiri acara tersebut  terkait tingkat kekerasan seksual terhadap anak di kabupaten lebong, bupati mengatakan, bahwa  hari ini pihkanya sudah mebuat  tim gugus perlindungan anak, “Ini adalah salah satu yang telah dibentuk melibatkan semua jajaran termasuk  jajaran polres Lebong. Harapan nya dengan dibentuk tim gugus perlindungan anak di kabupaten lebong ini mudah-mudahan kekerasan terhadap anak di tahun berikutnya menurun,”terang Bupati.

Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Lebong, Pirdaus mengatakan, untuk memenuhi hak-hak anak ada 5 kluster salah satunya kluster itu adalah kluster 1-4 ini adalah kluster pemenuhan hak anak, adapun kluster yang ke 5 adalah kluster perlindungan khusus.

WhatsApp Image 2022-03-04 at 20.11.27

“Perlindungan khusus ini diberikan kepada anak-anak yang memang sudah menjadi korban atau anak-anak dalam situasi darurat seperti kebencanaan,  jadi kita harus menyelamatkan,”ungkap Kadis.

Lanjutnya, untuk tindakan preventif yang akan dilakukan adalah memenuhi hak anak dari kluster 1-4 misalnya memenuhi hak anak bidang sipil, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang memanfaatkan waktu luang, apabila semua terpenuhi ini adalah bentuk upaya pencegahan .

Kadis DP3AP2KB juga mengapresiasi pihak polres Lebong yang telah melakukan upaya pencegahan terhadap anak dengan cara Dor to Dor.

Terpantau hadir dalam acara Bupati Lebong, Kadis DP3AP2KB Lebong, Perwakilan dari Polres Lebong, sebagain OPD Lingkup Lebong dan Para Camat.

[Indra]

Comment here