DAERAHMuko-Muko

Dongkrak Kesejahteraan Petani, Kabid SDA Mukomuko Minta Kerjasama Warga Optimalkan Saluran Irigasi

DERING24.COM MUKOMUKO – Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan atau pembersihan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga.

Kepala Dinas PUPR Mukomuko Ruri Irwandi, ST, MT melalui Kabid SDA Bustari menyampaikan kegiatan gotong-royong merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dan dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik maka harus dilakukan pembersihan saluran irigasi agar pengairan di sawah dapat berjalan dengan lancar.

Bustari  juga menyampiakan bahwa saat ini bulannya musim penghujan, tentu saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, teruma di sektor pertanian padi.

Namun saat ini, tambah Bustari, ada kendala di saluran irigasi induk khususnya di sayap kiri, Irigasi tersebut sedang di renovasi dan akan memakan waktu selama 4 bulan.

“Saluran irigasi induk khususnya di sayap kiri ini sedang di renovasi, saya harap masyarakat  bisa membantu (gotong royong) membersihkan di masing-masig aliran sawah (Area) milik petani itu sendiri, supaya jika nanti irgasi induk sudah bagus maka saluran di area sawah patani juga lancar dan mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani khususnya di mukomuko,” ujarnya.

Bustari juga berharap apabila pengairan sawah warga lancar, maka hasil panen petani pun dapat maksimal, dengan demikian ketahanan pangan khususnya wilayah Kabupaten Mukomuko dapat terwujud dengan sukses. (Mjtr)

Comment here