DAERAHLebongSport

Disparpora Lebong Sosialisasikan  Peningkatan Kapasitas SDM Pokdarwis

Diparpora Lebong Sosialisasikan  Peningkatan Kapasitas SDM Pokdarwis

DERING24.COM LEBONG – Dinas Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong mensosialisasikan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) bertempat di depan kantor Diparpora. Senin (29/3/2021).

Acara dibuka langsung oleh Asisten satu (1) setda lebong Jafri S.sos dan dihadiri oleh kadis Parpora Lebong, Kadis PMDSOS, Kadis Sosnakertrans Lebong, Sekretaris Parpora, Kabid Pariwisata,Tim Asosiasi Desa Wisat(Asidewi) dan Pokdarwis Kabupaten Lebong.

Asisten satu (1) setda lebong Jafri S.sos
Asisten Satu (1) Setda Lebong Jafri S.sos saat membukan acara Kegiatan

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong ir.Eddy Ramlan menyampaikan, visi dari Disparpora itu sendiri adalah menjadikan lebong daerah tujuan wisata yang berkualitas, menjadi destinasi wisata andalan di provinsi Bengkulu.

“Untuk menjadikan lebong sebagai destinasi wisata perlu dukungan seluruh stekholder, bukan hanya dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga tapi juga ada beberapa OPD terkait,”ujarnya.

Kadis Pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten Lebong ir.Eddy Ramlan
Kadis Pariwisata Pemuda dan oOahraga Kabupaten Lebong ir.Eddy Ramlan

Kadis berharap, dengan adanya sosialisasi ini kedepan benar-benar ada hasil dari kegiatan ini, untuk selanjutnya akan meningkatkan setelah peserta sosialisasi mengerti potensi-potensi apa yang ada di desa.

Sementara itu, Setda Lebong Jafri S.sos menyebutkan bahwa acara sosialisasi ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap sumber daya manusia (SDM) itu sendiri, karena SDM merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam membangun dan mengembangkan destinasi wisata.

Diparpora Lebong Sosialisasikan Peningkatan Kapasitas SDM Pokdarwis

“Kegiatan pengembangan pembangunan dan pembinaan sumber daya manusia ini akan meningkatkan kualitas pelaku atau penyedia jasa wisata, tanpa adanya SDM yang siap, maka pengembangan pariwisata akan berjalan lamban. Saya berharap dengan adanya pelatihan ini peserta mampu menerima, mempelajari dan mempraktekkan secara langsung di lapangan, baik di desa maupun di objek wisata, Karena banyak sekali potensi yang ada di kabupaten lebong yang bisa kita gali dan kembangkan, sehingga kita bisa menjadi kabupaten yang mempunyai nilai jual yang dapat mendatangkan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara, serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat pada sektor pariwisata,”terangnya.

Menggapi hal tersebut, Perwakilan Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI) menerangkan bahwa Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) berfungsi untuk mengkampanyekan sapta pesona, karena sapta pesona adalah hal yang paling utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku pariwisata. Sapta pesona berarti aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan. (Indra)

Comment here