Dinas PMD Seluma Minta Pendataan Penerima BLT Desa Dilakukan Secara Objektif

Dering24

Dering24

DAERAHSeluma

Dinas PMD Seluma Minta Pendataan Penerima BLT Desa Dilakukan Secara Objektif

PLT Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Agus Jun Fadillah

DERING24.COM Seluma – Dengan adanya program Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tersebut berdasarkan peraturan Menteri Desa PDTT No. 6 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan menteri desa PDTT nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

PLT Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Agus Jun Fadillah mengatakan bahwa penyaluran Bantuan langsung Tunai (BLT) dari dana desa tersebut besarannya ditentukan sesuai persentase.

“Untuk desa yang menerima anggaran Rp 800 juta ke bawah, bantuan yang boleh disalurkan maksimal 25 persen. Untuk Rp 800 juta – Rp 1,2 miliar, maksimal 30 persen, dan Rp 1,2 miliar ke atas maksimal 35  persen,”ujarnya saat di temui di ruanganya Rabu (29/4/2020).

Agus menambahkan, bahwa masing-masing kepala keluarga (KK) akan mendapatkan bantuan BLT sebesar Rp. 600 ribu selama tiga bulan, berawal dari bulan  April hingga Juni dengan total Rp1,8 juta per tiga bulan.

“Sasaran BLT Dana Desa tersebut yakni keluarga miskin yang tidak menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), yang tidak masuk dalam program kartu pra kerja,”tambahnya.

Untuk pendataankan, lanjut Agus menyampaikan bahwa sudah ada panduan dari Kemendes, dan hasil pendataan dilapangan tersebut wajib dibawa ke musyawarah desa untuk divalidasi, finalisasi serta disepakati dalam forum musyawarah desa.

“Makanya kita meminta pendataan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa dilakukan secara objektif. Sehingga nantinya bantuan tersebut disalurkan secara tepat sasaran. Andai kata pendataan desa nanti kurang dari pagu anggaran, maka kades berhak mengusulkan penambahan data ke bupati kalau memang benar benar di butuhkan warga.”tutup Fadillah.

[Hyt]

Comment here