DAERAHLebong

Darurat! Sekolah Dasar di Lebong Butuh Bantuan Pemerintah

DERING24.COM LEBONG – Banyak lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Padahal, keberadaan sekolah khususnya di pedalaman sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita negara serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mendengar hal tersebut membuat prihatin. Terlihat dari pantauan media ini sekolah yang bertempat di desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis Kab Lebong yakni SDN 08 LEBONG ini memang sangat menghawatirkan.

Saat di jumpai di ruang kerjanya, Kepala Sekolah Suanto.S.Pd menyampaikan bahwa masih banyak kekurangan sarana dan prasarana di sekolahnya, seperti ruang guru, tembok pembatas antara sekolah dan ruang lingkup bermain.

“Inikan terkait keadilan sosial di bidang pendidikan. Sesuai tujuan berdirinya negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini tertuang dalam pembukaan UUD 1945, setelah amandemen keempat UUD 945, pendidikan mendapatkan perhatian yang luar biasa. Setidak-tidaknya, ada 7 ayat yang mengatur keadilan sosial di bidang pendidikan. Di sana dijelaskan bahwa pendidikan merupakan hak warga negara dan setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar. Hal tersebut menjadi kewajiban pemerintah untuk membiayai pendidikan dasar,”terang Kepsek.

Ia juga menjelaskan bahwa konstitusi juga menamanatkan agar negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBN dan APBD.

“Masih banyak lembaga pendidikan yang diselenggarakan pemerintah belum mendapatkan perhatian, misalnya fasilitas yang terbatas serta kesejahteraan gurunya. Maka dari itu, saya meminta kepada pemerintah agar membantu sekolah kami ini, karena dikhawatirkan akan keselamatan para siswa-siswi dan kelancaran proses belajar mengajar di SD 08 LEBONG, mereka sangat membutuhkan tembok pembatas sekolah dan ruang guru,”terang Kepsek. (Indra)

Comment here