DAERAHLebong

Dampak Positif Pemuktahiran PBB di Sektor Perkotaan  dan Pedesaan

Rudi Hartono Se,M.A.K

DERING24.COM LEBONG  – Guna mendukung kegiatan pengelolaan dan pelayanan pajak bumi dan bangunan, Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Rudi Hartono SE,M.AK mensosialisakan Aplikasi sim PBB-P2 kepada camat, lurah dan desa di wilayah kabupaten lebong.

Rudi Hartono juga menjelaskan, pada setiap tahunnya wajib pajak bumi dan bangunan (PBB) yang mendapat hibah dan ahli waris atau yang belum mendapatkan PBB akan dapat menyampaikan secara kolektif ke badan keuangan daerah (BKD) kabupaten Lebong bidang pendapatan.

“Jadi disitu mereka dapat menyampaikan secara kolektif ke badan keuangan daerah (BKD) kabupaten Lebong bidang pendapatan, nanti bidang pendapatan akan menampung usulan-usulan tersebut secara kolektif. Setiap kelurahan dan desa menyampaikan data-data yang akan di perbaharui, ketika nanti sudah ada konfirmasi dari pihak desa dan kelurahan, akan dijadwalkan agendanya, tim pendapatan akan mengkonfirmasi pihak desa dan kelurahan tersebut untuk ke lapangan dan akan di Ferivikasi kembali data di masing-masing desa atau kelurahan sesuai usulan,”tambahnya.

Rudi menambahkan, setelah data diferivikasi selanjutnya akan di input di sistem SISMIOP aplikasi PBB, setelah input ditetapkan nanti akan dibuat ketetapan untuk pajak Bumi dan bangunan (PBB) tahun 2021, dan ketetapan akan dicetak masal, output cetak masal berupa surat pemberitahuan pajak terhutang(SPPT).

Pada saat distribusi sekaligus sosialisasi dan mendistribusikan ke pihak desa dan kelurahan, nanti pihak desa dan kelurahan akan mendapat target PBB. target PBB itu sendiri apabila tidak ada tidak ada usulan mereka tetap seperti tahun lalu, apabila ada perubahan wajib pajak maka ada penambahan.

Dampak positif pemuktahiran pajak bumi dan bangunan ini

1.Ketertiban administrasi kita terhadap perpajakan.

2.Meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)

(Indra)

Comment here