Covid-19, Kemenperin Cek Suhu Tubuh Pegawai dan Tamu

Dering24

Dering24

NASIONAL

Covid-19, Kemenperin Cek Suhu Tubuh Pegawai dan Tamu

Covid-19, Kemenperin Cek Suhu Tubuh Pegawai dan Tamu 1

DERING24.COM, Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meningkatkan pengawasan bagi pegawai hingga tamu untuk tindakan preventif penyebaran virus korona atau Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni dengan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk ke gedung Kemenperin.

Tindakan preventif ini dijalankan, mengingat Senin (2/3/2020) Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan ada dua warga Indonesia yang sudah positif terindikasi menderita virus korona baru tersebut.

“Mulai hari ini, kami melakukan tindakan pencegahan di lingkungan Kemenperin dengan mengukur suhu tubuh setiap orang yang masuk ke kantor Kemenperin oleh tenaga medis yang kami siapkan,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono, di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Sekjen Kemenperin mengungkapkan, setiap pegawai dan tamu yang datang ke gedung Kemenperin, akan diperiksa petugas dengan menggunakan thermometer infrared.

“Setiap orang yang melintas akan ditempelkan alat pengukur suhu tubuh digital di bagian kening. Pengukuran suhu tubuh dilakukan di pintu masuk gedung Kemenperin,” jelasnya.

Apabila saat pengukuran suhu tubuh ada yang mencapai 37,5 derajat celsius, tamu dan pegawai tersebut akan diperiksa lebih lanjut oleh tim Balai Kesehatan Kemenperin. “Hal itu untuk cepat mengidentifikasi kondisi kesehatan yang bersangkutan secara lebih detail,” ungkapnya.

Menurut Sigit, pengukuran suhu tubuh ini akan terus dilakukan sampai kondisi di Indonesia dinyatakan bebas dari virus korona. Sebagai tindakan preventif, Kemenperin juga menyiapkan hand sanitizer di setiap lantai gedung dan pintu masuk. “Para pegawai dan tamu yang datang kami minta untuk membersihkan tangan sesering mungkin,” tegasnya.

Dalam rangka melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus korona, Kemenperin juga menyampaikan pengumuman mengenai imbauan menjaga kesehatan kepada pegawai yang ada di lingkungan Kemenperin. “Sesuai yang telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan, dengan daya tahan tubuh yang bagus, kemungkinan terjangkit penyakit akan sangat kecil,” imbuhnya.

Dalam upaya mencegah penularan penyakit Covid-19, Presiden mengajak warga menjaga higienitas dengan sering mencuci tangan dan mengurangi kontak. Pemerintah juga sudah menyiapkan 100 rumah sakit yang memiliki kemampuan isolasi dan peralatan medis sesuai standar internasional. Selain itu, pemerintah sudah membentuk tim gabungan untuk penanganan virus korona yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan masyarakat sipil.

Untuk pertanyaan seputar #COVID19Indonesia, silahkan masyarakat menghubungi hotline melalui nomor telepon (021) 5210411 atau 081212123119 dan akun media sosial @KemenkesRI.

(Humas Kemenperin)

Comment here