Bupati Serahkan Penghargaan Desa Tertib Adminduk

Dering24

Dering24

DAERAHMuko-Muko

Bupati Serahkan Penghargaan Desa Tertib Adminduk

Bupati Serahkan Penghargaan Desa Tertib Adminduk

DERING24.COM, Mukomuko Pemkab Mukomuko melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) memberikan penghargaan kepada juara I, II, dan III desa/kelurahan tertib administrasi kependudukan (Adminduk).

Penghargaaan desa tertib adminduk ini diserahkan langsung oleh Bupati Mukomuko, Choirul Huda usai upacara HUT Kabupaten Mukomuko ke-17, Selasa (25/2/2020).

Disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Badri Rusli melalui Sekretaris, Evi Busmanja bahwa Disdukcapil Mukomuko melakukan penilaian kepada 148 desa dan 3 kelurahan yang ada di Kabupaten Mukomuko terkait tertib administrasi kependudukan.

Dari penilaian tersebut, ditentukan 3 desa yang menjadi juara yakni juara 1 Desa Marga Mukti Kecamatan Penarik, Juara 2 Desa Sumber Makmur (SP8) Kecamatan Lubuk Pinang dan juara 3 Desa Resno Kecamatan V Koto.

“Juara 1-3 desa yang tertib administrasi kependudukan sudah kita tentukan. Dan hari ini (kemarin,red) ketiga desa tersebut diberikan penghargaan yang langsung diserahkan oleh bapak Bupati,”ungkap Evi.

Banyak indikator yang dinilai dari desa/kelurahan yang tertib administrasi kependudukan tersebut meliputi pelaporan desa tentang administrasi kependudukan masyarakat baik yang buat baru, pindah ataupun laporan data warga yang sudah meninggal dunia.

Indikatornya penilaian yang dilakukan pada desa adminduk ini cukup salah satunya desa tersebut selalu memberikan laporan data setiap warganya, kemudian persentase warga yang membuat atau mengurus adminduk ini baik KTP, KK, Akte kelahiran tinggi atau tidak dan lainnya.

Dengan adanya penilaian Adminduk ini bisa memberikan dampak yang positif dan motivasi agar kedepan desa-desa yang ada di daerah ini lebih baik lagi terkait tertib administrasi kependudukan di desanya.

Selain itu, diharapkan kesadaran masyarakat akan adminduk lebih baik dari yang sekarang ini.

“Administrasi kependudukan sangat penting karena saat ini semua berhubungan dengan data kependudukan jadi semoga masyarakat lebih sadar pentingnya Adminduk ini,” demikian Evi Busmanja.

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Sumber Makmur, Juweni mengatakan bahwa penghargaan yang diraih ini sebagai juara 2 desa tertib administrasi kependudukan tingkat Kabupaten Mukomuko berkat kesadaran masyarakat Desa SP8 yang tinggi akan adminduk ini sehingga penghargaan ini dapat diraih.

“Penghargaan yang diraih ini untuk masyarakat desa SP8 karena kesadaran mereka tentang adminduk ini sangat tinggi,”ucapnya.

Juweni menambahkan bahwa masyarakat Desa Sumber Makmur baik anak-anak dan orang dewasa hampir seluruhnya sudah memiliki adminduk. Kalau dipersantasekan 98% warga kami sudah memiliki adminduk.

“Semua sudah memiliki KTP, KK dan KIA dan setiap data yang masuk ke Pemdes baik warga buat adminduk baru, pindah tenpat atau sudah meninggal dunia kita laporkan ke Disdukcapil,” katanya.

(Mc/toeb)

Comment here