Bengkulu UtaraDAERAH

Bupati Bengkulu Utara Luncurkan Laboratorium Lingkungan DLH

Bupati Bengkulu Utara Luncurkan Laboratorium Lingkungan DLH

DERING24.COM BENGKULU UTARA – Bupati Bengkulu Utara H. Mian secara menyosialisasikan dan meluncurkan Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Bengkulu Utara, di Halaman kantor DLH BU, Kamis (9/9/2021).

Bupati menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya atas pencapaian UPT Laboratorium Lingkungan Kabupaten Bengkulu Utara meraih Akreditasi.

Menurut dia, untuk meraih akreditasi bukanlah hal yang mudah karena harus melalui proses yang cukup panjang, dan melewati proses asesmen yang ketat dari Tim Asesmen Komite Akreditasi Nasional.

“Pertama kita bersyukur atas upaya-upaya  Dinas Lingkungan Hidup untuk memperoleh akreditasi laboratorium ini. Ini upaya yang cukup lama karena  untuk memperoleh akreditasi  bukan hanya penyampaian tetapi infrastrukturnya harus dipersiapkan, software, peralatan, dan lain sebagainya. meskipun belum sempurna tetapi sudah terakreditasi,” ujar bupati.

Dia menjelaskan, dengan akreditasi ini rentang kendali proses perizinan dapat dilakukan  dengan singkat. Sesuai amanah Presiden perizinan untuk dunia usaha harus diproses secara singkat, jadi dunia usaha dapat cepat menanamkan modalnya di daerah dengan prosesnya singkat. tidak harus dikirim ke provinsi atau ke Lab Universitas Bengkulu.

“Bahkan ke depan kita berharap kabupaten yang belum punya laboratorium lingkungan Hidup dapat datang ke laboratorium kita sehingga kita dapat menambah PAD,” ujarnya.

Lebih Lanjut kata bupati, untuk program kerja laboratorium lingkungan Hidup Kabupaten Bengkulu Utara pertama diinstruksikan untuk disosialisasikan keberadaan laboratorium lingkungan Hidup yang menganalisa dampak lingkungan hidup ke dunia usaha baik pabrik, Crumb Rubber (Karet daur ulang), tambang, pabrik kelapa sawit dan lain sebagainya.

Bupati Bengkulu Utara Luncurkan Laboratorium Lingkungan DLH

“Ada analisa rutin dan izin yang diberikan 1 tahun yang lalu kepada dunia usaha itu, harus di observasi di samping analisa melalui laboratorium, kita juga melihat visual kondisi di lapangan,” jelasnya.

Tutupnya, kegiatan Sosialisasi dan peluncuran ini bertujuan untuk menyosialisasikan kepada para pelaku usaha, perusahaan, konsultan lingkungan, dan  instansi pemerintah (OPD terkait) bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara telah memiliki Laboratorium Lingkungan yang terakreditasi sehingga para pelaku usaha tidak usah jauh-jauh untuk mengujikan air limbah maupun badan air penerima limbahnya. Ke depannya, Laboratorium Lingkungan juga bisa berperan dalam meningkatkan PAD Kabupaten Bengkulu Utara dari pelayanan pengujian laboratorium yang diberikan.

Dia berharap agar pencapaian ini dapat dimanfaatkan secara optimal baik oleh pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara maupun dunia usaha, untuk menggunakan jasa pelayanan laboratorium di UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Bengkulu Utara sehingga dapat mencegah terjadinya pencemaran Lingkungan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Alfaian menjelaskan bahwa, laboratorium lingkungan hidup DLH ini dipergunakan untuk menganalisa dampak lingkungan limbah dan air.

“Labor kita laboratorium lingkungan untuk cek sampel, untuk meneliti dampak lingkungan limbah dan Air,” jelas dia.

Setelah melaksanakan  apel pagi Bupati BU melakukan pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukur telah diresmikannya UPT Laboratorium Lingkungan DLH dan meninjau langsung ke ruangan laboratorium.

Turut hadir kepala Bapenda BU, Dodi Hardinata, perwakilan OPD terkait dan Dharma Wanita DLH BU.

(MC Bengkulu Utara/Gs/DC)

Comment here

placeholder="Your Comment">