ADVERTORIALBengkulu UtaraDAERAHEKONOMI

Berikut Capaian Pembangunan Bidang Koperasi UMK Bengkulu Utara

WhatsApp Image 2022-05-27 at 15.43.22

DERING24.COM BENGKULU UTARA Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar utama dalam menggerakkan perekonomian negara. Untuk itu, Dinas Koperasi dan UMKM Bengkulu Utara terus mendukung kesejahteraan para pelaku UMKM di Bengkulu Utara, agar lebih berkembang dan memiliki daya saing tinggi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bengkulu Utara, Syarifah Inayati, SE mengatakan, salah satu kebutuhan untuk meningkatkan perkembangan usaha, adalah dengan memahami penggunaan teknologi informasi serta mengadakan pelatihan sumnberdaya kepada pengurus koprasi dan pelaku UMKM.

WhatsApp Image 2022-05-27 at 15.43.21

“Saya percaya dalam kegiatan  ini, bapak dan ibu dapat memahami penggunaan IT dalam pengembangan usaha dan pemasaran, yang juga bermanfaat untuk mengahadapi era digital,”Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bengkulu Utara, Syarifah Inayati, SE, saat di konfirmasi di Kantor Koprasi dan UMKM Bengkulu Utara,  jumat (27/5/2022).

Ia juga berharap, dengan Koperasi yang sekarang ini sudah memiliki sertifikat NIK  dan bagi pelaku UMKM yang memiliki legalitas usaha seperti NIB, PIRT,  NPWP, dan sertifikasi halal, Koperasi dan UMKM akan semakin mengoptimalkan ilmu yang telah diberikan dan mencapai target pemasaran yang maksimal.

Sementara itu, untuk pelantihan Koperasi dan UMKM mendatang di agendakan akan dihadiri Bupati Bengkulu Utara dan Dinas Kominfo dan Lintas sektor terkait serta pengurus koprasi itu sendiri.

WhatsApp Image 2022-05-27 at 15.43.21 (2)

“Alhamdulillah dengan sudah dimikanya berbagai perizinan, bagi Koperasi maupun pelaku UMKM,  artinya kita harus terus mengoptimalkan fungsi dan perannya supaya apa yang kita buat bermanfaat bagi masyarakat luas,”terang Kadis.

Selain itu, Syarifah juga menganjurkan agar pelaku usaha bersatu dan mendirikan koperasi demi meningkatkan kesejahteraan bersama. Dengan adanya koperasi, pelaku usaha juga bisa mendapatkan dukungan modal.

“Meningkatkan jumlah KUMKM yang naik kelas itu mudah, hanya saja  perlu dukungan dan sinergitas dari pelaku KMUKM, dinas lintas sektor terkait dan akademisi, perbankan, dan dunia usaha,”pungkasnya.

Untuk program berkerlanjutan, Kadis Koperasi dan UMKM, Syarifah Inayati juga akan mengembangkan Program Pemberadayaan KUMKM melalui pelatihan sumberdaya pengurus koperasi dan dan pelaku UMKM.

“Melalui pelatihan sumberdaya ini semoga dapat meningkatkan jumlah KUMKM yang naik kelas, serta  kita juga akan terus mengoptimalkan fungsi dan Peran Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM,”ujarnya.

Sementara itu, agenda pelatihan UMKM Bengkulu Utara ini juga dihadiri oleh Dinas Kominfo Bengkulu Utara, Bupati Bengkulu Utara dan para pelaku UMK. (ADV)

Comment here