DAERAHEKONOMIMuko-Muko

Batik Khas Mukomuko Dijual di Bazaar MTQ Mendatang

Mukomuko, Dering24.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Mukomuko akan menjual kain batik khas Mukomuko yang dinamakan “Tando Pusako” dalam kegiatan bazar pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Bengkulu pada tanggal 7- 12 Oktober mendatang.

“Ya pada kegiatan bazar acara MTQ mendatang, batik khas Mukomuko akan diperjualbelikan secara umum kepada masyarakat,” ungkap Kepala Disperindagkop Mukomuko, Fauzi melalui Sekretaris Dinas, Nurdiana Jumat (27/09/2019).

Menurutnya, kain batik khas Mukomuko saat ini baru digunakan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Mukomuko. Sesuai petunjuk Bupati, warna yang digunakan ASN batik berwarna kuning.

“Ya sekarang baru ASN yang sudah memakai batik khas Mukomuko. Namun belum semua ASN menggunakan. Namun saat ini sudah banyak OPD yang sudah membuat dan memakai batik Tando Pusako tersebut. Sesuai instruksi bapak Bupati dan Sekda, batik yang digunakan adalah batik warna kuning,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk jumlah batik yang akan diperjualbelikan pada bazar MTQ mendatang nantinya terbatas dengan berbagai warna.

“Ya nanti yang diperjualbelikan terbatas. Dengan berbagai macam warna. Jadi nanti masyarakat kalau mesan banyak bisa dipesankan lagi. Dan untuk pembuatan batik ini sendiri di Jawa tengah karena untuk daerah kita belum ada pengrajin pembuatan batik,” ucapnya.

Untuk diketahui pada tahun 2018 lalu Pemkab Mukomuko menggelar lomba batik dari hasil lomba batik tersebut dinamakan ‘Tando Pusako’. Juri berhasil memutuskan pemenang dan menetapkan batik Tando Pusako menjadi batik khas Mukomuko.

(Mc)

Comment here

placeholder="Your Comment">