NASIONAL

Basarnas Fokus Pencarian Titik Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

DERING24.COM JAKARTA – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan/National Search and Rescue Agency (Basarnas), Sabtu (9/1/2021) malam ini akan fokus melakukan pencarian titik lokasi pasti dimana kemungkinan terjatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182.

Hal ini ditegaskan Deputi Bidang Operasi Basarnas Mayjen TNI Bambang Suryo Aji, saat konferensi pers Sabtu (9/1/2021).

“Diharapkan malam ini, konsep kita adalah mencari titik lokasi di mana tempatnya pesawat itu dimungkinkan jatuh. Dengan harapan setelah malam ini mendapatkan lokasi yang pasti besok pagi kita akan melaksanakan pencarian dan pendalaman,” ujar dia dalam konferensi persnya, Sabtu (9/1/2020).

Ia mengaku menerima informasi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 sore ini. “Jadi Basarnas pada 14.55 WIB tadi menerima informasi bahwa terjadi lost contact terkait dengan pesawat Sriwijaya,” kata dia.

Pihaknya pun langsung melakukan kordinasi guna mendeteksi titik lokasi yang diduga pesawat Sriwijaya jatuh. “Kita cepat melaksanakan kordinasi dengan Cengkareng dan beberapa potensi yang ada di sana. Dan kita segera mengerahkan alut kita di Basarnas. Khususnya dari Kansar Jakarta. Kapal maupun sea raider sudah kita berangkatkan. Setelah mendapatkan informasi tersebut kita berangkatkan menuju titik lokasi yang diduga pesawat itu jatuh,” jelas dia.

Ia menyebut bahwa titik lokasinya antara di Pulau Laki dan Pulau Lancang. “Posisi pesawat setelah lost contact itu berada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang,” jelas dia.

Di tempat terpisah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang hilang kontak diduga terjatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang di Kepulauan Seribu.

Budi Karya meminta doa restu agar pencarian dan penyelamatan bisa berjalan dengan lancar. “Mohon doa restu dari seluruh masyarakat agar proses pencarian dan penyelamatan berjalan dengan lancar,” kata dia.

Ia pun menegaskan bahwa Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI dan Polri telah bergerak ke lokasi dengan mengerahkan kapal-kapal untuk melakukan pencarian dan evakuasi.

(Foto: Tangkapan Layar video Basarnas Special Group)

Comment here