NASIONALTechnology

Badan POM Berikan Izin EUA untuk Vaksin Sinovac

DERING24.COM JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) memberikan izin penggunakan secara Emergency Use Autorization (EUA) untuk vaksin COVID-19 kepada vaksin Coronavac produksi Sinovac Biotech Inc yang bekerja sama dengan PT. Biofarma.

Kepala Badan POM Penny K. Lukito mengatakan, pengambilan keputusan ini berdasarkan kepada evaluasi hasil, hasil diskusi terhadap data dukung, dan bukti ilmiah yang menunjang aspek mutu, khasiat, dan keamanan dari vaksin.

“Kami imbau Biofarma yang telah mendapatkan EUA untuk terus melakukan uji klinik dan melakukan penjaminan khasiat, mutu, dan keamanan dari vaksin termasuk melakukan pemantauan,” kata Penny saat konferensi pers Senin (11/1/2021).

Efikasi adalah setelah subjek mendapatkan penyuntikan kedua kali kemudian kembali berkegiatan di tengah masyarakat. Kemudian imunogenisitas yaitu kadar antibodi yang meningkat kemudian bisa menetralisir dan membunuh virus yang masuk ke tubuh manusia.

Selain itu, Penny menuturkan, dilihat juga efektivitas dari vaksin corona terhadap insidence rate atau kejadian penyakit pada masyarakat, apakah menurun atau justru meningkat.

“Izin penggunaan diberikan secara EUA pada vaksin Coronavac ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia,” kata Penny. 

Comment here