Apresiasi Program BSPS, Senator: Bengkulu ada 2.000 Rumah akan Dibedah

Dering24

Dering24

EKONOMIBengkulu MembangunHealthPROVINSI BENGKULU

Apresiasi Program BSPS, Senator: Bengkulu ada 2.000 Rumah akan Dibedah

Senator Riri Damayanti

DERING24.COM BENGKULU – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang terus menggenjot pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

Menurutnya, program ini sangat solutif untuk memberikan pekerjaan kepada ratusan ribu rakyat yang menganggur akibat goncangan ekonomi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

“Dan yang paling penting bisa membuat nyaman rumah masyarakat Indonesia yang sekarang lagi diminta untuk lebih banyak di rumah ketika pandemi masih mengancam,” kata Riri Damayanti, Kamis (18/6/2020).

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini berharap program ini benar-benar bisa memberikan manfaat bukan hanya kepada ratusan ribu masyarakat yang terlempar sebagai pengangguran akibat banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya, namun juga kepada pelaku usaha.

“Program ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian daerah kembali bergairah karena salah satu syaratnya adalah melibatkan toko bangunan di sekitar tempat tinggal masyarakat penerima bantuan,” ungkap Riri Damayanti.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini membeberkan, di Bengkulu akan ada total 2.000 rumah akan dibedah agar menjadi rumah layak huni dengan total anggaran senilai 35 miliar rupiah.

“Program ini menyebar di seluruh kabupaten plus satu kota. Saya sudah mendapatkan konfirmasi dari Kementerian PUPR untuk ikut melakukan serah terima kepada masyarakat penerima manfaat,” ungkap Riri Damayanti.

Data terhimpun, program ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian PUPR untuk meningkatkan jumlah rumah layak huni untuk masyarakat Indonesia dengan dasar hukum Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Program ini diperuntukkan bagi masyarakat dengan status berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru rumah beserta prasarana, sarana dan utilitasnya.

Tidak semua bisa memperoleh program ini. Penerima merupakan orang-orang yang sesuai dengan kriteria penerima BSPS yakni WNI sudah berkeluarga, memiliki tanah yang ditandai dengan bukti kepemilikan tanah yang sah, tinggal di rumah satu-satunya dalam kondisi tidak layak huni atau belum memiliki rumah, belum pernah mendapatkan BSPS atau bantuan sejenis, memiliki penghasilan maksimum sesuai upah minimum provinsi, dan bersedia melaksanakan dengan berswadaya, berkelompok, dan tanggung renteng untuk menyelesaikan pembangunan rumah.

Di Bengkulu program ini akan berjalan dalam dua tahap.

Tahap pertama, dilaksanakan di tujuh Kabupaten diantaranya Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 320 unit, Kabupaten Bengkulu Tengah 105 unit, dan Kabupaten Lebong 131 unit. Lalu Kabupaten Rejang Lebong 298 unit, Kabupaten Seluma 110 unit, Kabupaten Kaur 200 unit, dan Kabupaten Mukomuko 180 unit.

Sedangkan tahap kedua dilakukan setelah selesainya pendataan di lapangan.

Dana disalurkan tidak dalam bentuk uang tunai, melainkan bahan bangunan melalui SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bengkulu dengan pihak PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Panorama Kota Bengkulu.

[Ads]

Comment here