Akhiri Pandemi Covid-19, Senator Riri Minta Bangun Infrastruktur Kesehatan di Seluruh Desa

Dering24

Dering24

EDUKASIPemerintahPROVINSI BENGKULU

Akhiri Pandemi Covid-19, Senator Riri Minta Bangun Infrastruktur Kesehatan di Seluruh Desa

Hj Riri Damayanti John Latief

DERING24.COM BENGKULU – Jumlah kasus korban meninggal dunia akibat virus corona atau covid-19 di seluruh dunia telah menembus angka satu juta lebih sejak kasus itu pertama kali muncul di Republik Rakyat Tiongkok hingga hari ini, Jumat  (9/10/2020).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengutarakan, secara ekonomi kerugian akibat pandemi covid-19 di Indonesia tak mampu lagi dikalkulasikan.

“Covid-19 ini musuh yang sangat berbahaya dan kasat mata. Selama infrastruktur kesehatan belum memadai, ancamannya tidak akan berkurang. Pada APBN 2021 saya mengusulkan agar infrastruktur kesehatan dibangun di seluruh desa,” kata Riri Damayanti, Jumat (9/10/2020).

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini menjelaskan, selain infrastruktur kesehatan yang memadai, sumber daya manusia yang menangani pandemi covid-19 juga harus mendapatkan perhatian lebih.

“Yang menangani harus benar-benar yang mau kerja, nggak panikan. Pejabat yang tidak kompeten ganti. Di tengah situasi seperti saat ini, ahli-ahli kesehatan dan ilmuwan harus mendapatkan perlakuan istimewa agar pengetahuan mereka bisa dioptimalkan untuk melawan musuh yang nggak nampak ini,” ungkap Riri Damayanti.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini mengungkapkan, melihat kebijakan terbaru pemerintah, tampak belum ada strategi yang benar-benar jitu yang diterapkan baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.

“Nampak kok, kebijakannya berubah-ubah. Bahkan istilah-istilah saja sering diganti. Saya tidak menyalahkan siapa-siapa karena saya sendiri juga bagian dari pemerintah. Saya sampaikan ini dengan harapan ke depan penanganan masalah ini bisa lebih baik,” papar Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menambahkan, bila kemungkinan buruk terjadi, ia berharap seluruh sumber daya yang dimiliki dapat dikerahkan untuk pandemi covid-19.

“Kumpulkan semua anggaran dan hentikan semua kegiatan yang tidak penting agar bisa dikerahkan untuk melawan pandemi covid-19. Kalau perlu tunda dulu Pilkada karena memang sangat beresiko,” demikian Riri Damayanti.

Data terhimpun, para ilmuwan di dunia masih terus berusaha mengembangkan vaksin yang efektif untuk melawan virus covid-19.

Di tengah usaha tersebut, International Monetary Fund (IMF) memperingatkan bahwa krisis ekonomi bisa menyebabkan “krisis yang tak pernah terjadi sebelumnya” sementara Produk Domestik Bruto (PDB) dunia terus merosot.

Pertengahan September yang lalu terjadi rekor kenaikan kasus di banyak wilayah.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Sedunia memperingatkan bahwa kematian akibat virus bisa berlipat ganda hingga dua juta apabila tidak ada aksi kolektif global. [Ads]

Comment here