DAERAHEKONOMIMuko-Muko

20 Kelompok Tani di Mukomuko Dapat Bantuan RJI

20 Kelompok Tani Mendapatkan Bantuan RJI

DERING24.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko akan merehabilitasi jaringan Irigasi yang tersebar di beberapa kecamatan dari 20 kelompok tani, yaitu  Kecamatan Lubuk Pinang,  XIV koto,  Air Manjuto, dan Kecamatan  Selagan Raya.

“Dana rehabilitasi ini dari pemerintah pusat yang bersumber dana tugas perbantuan, (TP) Propinsi Bengkulu,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kab Mukomuko Apriansyah, Senin (07/03/22).

Apriansyah juga menjelaskan, bahwa untuk menambah peningkatan ketahanan pangan para petani, pemerintah pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan, Hultikultura  dan Perkebunan Propinsi Bengkulu menyiapkan  dana sebesar Rp.75 000.000 (Tujuh Puluh Lima Juta) untuk satu titik jaringan irigasi yang rusak.

“Dinas Pertanian Kabupaten yang akan mendampingi kelompok tani dalam melaksanakan  rehabilitasi jaringan irigasi tersebut, dengan adanya program RJI ini agar air dari irigasi mengalir lancar seperti yang di harapkan oleh para petani ,” terangnya.

Lanjutnya, karena selama ini petani disini memakai alat sederhana, yaitu memakai terpal untuk menutupi irigasi yang rusak supaya air dapat mengalir kelahan persawahannya ,” tambahnya.

Ia mengharapkan betul, dengan ada rehabilitasi  irigasi ini,  petani akan mendapatkan hasil padinya yang maksimal, sesuai harapan mereka. Maka oleh itu kami juga berharap secepatnya waktu yang dekat ini segera bisa di laksanakan, supaya petani nyaman dan maksimal hasilnya.” tutup Apriansyah, di kutip dari HB.

[Mjtr]

Comment here