NASIONAL

11 Ribu Tenaga Kesehatan Dikerahkan ke Seluruh Wilayah Terdampak Banjir

WhatsApp Image 2020-01-03 at 11.44.26

DERING24.COM, Jakarta – Sebanyak  11 ribu tenaga kesehatan telah disiagakan untuk seluruh wilayah terdampak banjir di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya. Tenaga kesehatan ini berasal sipil dan dari militer.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat mengunjungi korban terdampak banjir di Posko Kesehatan GOR Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (2/1), mengatakan kepada pengungsi bahwa jangan sampai mereka sakit.

“Harus berusaha untuk cegah ada yang sakit, dijaga hygienis/kebersihannya, serta sanitasi terutama untuk anak-anak dan lanjut usia. Saat ini iklim di lapangan sudah baik, seluruh lintas sektor dan teman-teman sudah bergerak untuk membantu para korban banjir,” kata Menteri Terawan.

Kementerian Kesehatan memberikan bantuan berupa higiene kit yang terdiri dari Ibu Hamil Kit, bayi baru lahir kit, dan ibu nifas kit. Selain itu bantuan berupa obat dan makanan tambahan bagi Balita.

Hingga kini, layanan kesehatan bagi seluruh pengungsi di Kecamatan Cengkareng telah dioptimalkan mulai dari ketersediaan dokter dan obat-obatan. Jika pasien harus dilakukan penanganan lebih lanjut akan dirujuk ke rumah sakit.

Tak hanya itu, dari sisi psikologis telah digerakkan tenaga kesehatan untuk membantu trauma healing bagi anak-anak.

(Ip)

Comment here